Minggu, 13 November 2011

Tanda Alam


TANDA – TANDA ALAM

            Dalam mengadakan seatu perkemahan, kita juga perlu mengetahui dan mempelajari berbagai tanda – tanda alam yang sangat berguna untuk mengetahui perubahan cuaca.
Beberapa tanda alam yang perlu kita ketahui adalah :

1.      KABUT
a.       Bila terdapat kabut tipis dan merata yang membumbung tinggi keatas, berarti kurangnya uap air di udara dan itu menandakan cuaca akan selalu baik.
b.      Cuaca yang terang benderang di pagi hari pertanda buruk pada hari itu, apabila kemarin turun hujan.
c.       Sedangkan langit yang ditutupi awan kemudian mulai terang pada pagi hari, menandakan cuaca baik.
d.      Jika ada kabut diatas lembah pada pagi hari pertanda cuaca baik. Sedangkan di gunung – gunung menandakan akan turunnya hujan.
e.       Udara sejuk dan ada embun di pagi hari, menunjukkan bahwa cuaca baik tetapi panas dan kering, biasanya hujan akan turun di siang hari.
2.      AWAN
a.       Jika langit di liputi awan tebal dan gelap menandakan akan turun hujan deras.


3.      MATAHARI
a.       Apabila matahari terbit berwarna merah dan di liputi garis – garis awan yang kehitaman, pertanda akan ada hujan, tetapi jika berwarna bersih dan terang pertanda cuaca baik.
b.      Matahari terbit dengan warna kemerah – merahan yang terang pertanda cuaca baik, jika warna merah di campuri garis kekuning – kuningan pertanda akan hujan lebat.
c.       Jika matahari terbenam dengan warna kekuning – kuningan / orange pertanda akan ada hujan, tetapi bila dengan warna merah muda pertanda cuaca baik.
d.      Warna merah pada saat matahari terbenam berarti akan terjadi angin yang cukup kencang.
4.      BINTANG
a.       Apabila pada malam hari di langit cahaya bintang terang maka sudah di pastikan bahwa pada malam itu cuaca akan cerah, sedangkan bila cahayanya nampak suram pertanda cuaca kurang baik / buruk.
5.      BULAN
a.       Bulan terlihat terang dan bersinar cerah menandakan cuaca akan baik, tetapi bila bulan di liputi awan gelap di sekelilingnya, berarti hujan akan turun. Sedangkan jika ada lingkaran putih ( halo ) yang melingkari bulan menandakan tidak ada ketentuan cuaca pada malam itu.


6.      BINATANG
Keadaan / perubahan cuaca, juga bisa kita amati dari tingkah laku binatang. Jika kita perhatikan, naluri binatang yang berhubungan dengan cuaca akan membuat kita tercengang dan semakinmenunjukkan pada kita betapa besar karya Tuhan Yang Maha Esa yang mengatur makhluk hidup dengan segala kelebihan dan kekurangannya.
Tanda – tanda cuaca yang berhubungan dengan binatang antara lain :
a.      Labah – labah
Labah – labah akan bersembunyi bila cuaca akan buruk dan rajin mengerjakan / memperbaiki sarangnya apabila cuaca baik.
b.      Semut
Semut akan berada dalam liangnya bila cuaca akan buruk, tetapi merekan akan keluar dari liangnya dan berjalan mondar – mandir bila cuaca akan tetap baik.
c.       Lebah / tawon
Pada cuaca baik, lebah / tawon akan berterbangan jauh dari sarangnya. Hal ini bisa kita perhatikan dengan melihat kosong atau tidaknya sarang labah.
d.      Lalat
Apabila akan turun hujan, lalat akan tetap hinggap di tenbok / dinding, sedangkan pada cuaca cerah lalat akan berterbangan kian kemari.


e.      Nyamuk
Apabila di pagi hari mengganggu / menggigit kita, menandakan akan turunnya hujan. Sedangkan jika pada waktu matahari terbenam / maghrib, nyamuk berterbangan kesana kemari dan secara berkelompok menandakan cuaca cerah / baik. Tetapi jika selalu berterbangan di tempat yang gelap / di dalam bayang  - bayang, pertanda cuaca akan buruk / datang hujan.
f.        Cacing
Apabila cacing pada malam hari menimbun tanah berbutir – butir di kebun, berarti akan datang hujan. Tetapi bila cacing keluar dari liangnya menandakan hujan akan turun lama.
g.      Lintah
Untuk mengetahui suatu keadaan cuaca menggunakan lintah, kita dapat membuat barometer dari se ekor lintah yang diletakkan di dalam gelas berisi air. Jika lintah melekat pada gelas diatas permukaan air maka pertanda cuaca akan tetap baik. Sedangkan bila lintah terus berdiam di dasar gelas, menandakan cuaca akan buruk dalam waktu yang lama. Tetapi jika lintah melekat erat – erat di gelas sedangkan ekornya di gerak – gerakkan sekeras – kerasnya, maka akan datang badai topan.
h.      Siput
Pada cuaca yang baik, siput akan merayap dengan tenang, sedangkan bila cuaca buruk siput akan merayap dengan cepat.

i.        Ikan
Ikan akan melompat – lompat diatas air jika cuaca akan buruk / hujan.
j.        Katak
Katak / kodok akan berdiam di dalam air bila cuaca akan buruk, tetapi bila cuaca akan baik katak akan duduk – duduk di tepi kolam. Sedangkan jika pada malam hari di musim kemarau dimana cuacanya baik tetapi katak tidak bernyanyi, menandakan akan datangnya cuaca buruk.
k.      Ayam
Ayam akan tetap berjalan dan membiarkan dirinya menandakan hujan akan berlangsung sebentar, sedangkan jika ayam berteduh, hujanakan berlangsung lama. Jika ayam selalu mencakar – cakar berarti hujan akan datang.
l.        Bebek / Angsa
Bebek / angsa nampak tidak tenang dan selalu menggigit bulunya ( memberi lemak ), apabila cuaca akan baik.
m.    Burung Kenipis
Burung kenipis akan terbang tinggi sekali jika cuaca akan baik, karena serangga makanannya juga tinggi. Tetapi bila terbangnya rendah menandakan cuaca akan buruk.
Pada pagi hari dengan cuaca buruk, burung kenipis akan tinggal diam dalam sarangnya.

n.      Kambing
Apabila kita mencium badan kambing dari jarak yang lebih jauh dari biasanya, menandakan akan turun hujan.
o.      Kelelawar
Kelelawar akan terbang mulai senja hari bila cuaca akan baik pada malam hari, tetapi bila berdiam di dalam goa maka cuaca akan buruk.
p.      Asap
Apabila asap api naik dengan tegak lurus dan tinggi sekali maka cuaca akan tetap baik. Tetapi apabila asap naiknya mendatar dengan tanah / rendah maka cuaca akan buruk.
q.      Burung Gagak
Jika hujanakan turun, burung gagak akan terbang berputar  - putar diatas sarangnya.

Tanda – tanda lain jika cuaca akan buruk :

1.      kucing akan duduk membelakangi api, sambil mengusap – ngusap kepalanya dengan kaki depannya yang dibasahi dengan mulutnya.
2.      bila anjing menggali tanah atau menyembunyikan tulang.
3.      burung – burung membasahi bulu – bulunya dengan paruhnya.
4.      bila bau bunga tercium semerbak sekali.
5.      burung – burung laut terbang menuju daratan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar