Minggu, 13 November 2011

Lambang Gerakan Pramuka


LAMBANG GERAKAN PRAMUKA

1.      Gerakan Pramuka berlambangkan Tunas Kelapa. Bentuk gambar lambang Tunas Kelapa adalah Silhouette Tunas Kelapa.
2.      Uraian Arti Lambang Gerakan Pramuka
a.       Buah kelapa / nyiur dalam keadaan tumbuh dinamakan “ CIKAL “ istilah “ CIKAL BAKAL “ di Indonesia artinya penduduk asli yang pertama menurunkan generasi baru.
Jadi buah kelapa / nyiur yang tunbuh / cikal memiliki kiasan yang berarti bahwa Pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia.
b.      Buah kelapa / nyiur dapat bertahan lama dalam keadaan yang bagaimanapun juga. Mengkiasakan bahwa tiap Pramuka adalah seorang rohaniawan dan jasmaniah sehat, kuat, ulet, besar tekad untuk menghadapi segala tantangan hidup. Untuk mengabdi tanah air dan bangsa Indonesia.
c.       Tunas kelapa / nyiur dapat hidup dimana- mana artinya Pramuka dapat menyesuaikan diri dalam masyarakat dimana dia berada dan dalam keadaan yang bagaimanapun jua.
d.      Kelapa / nyiur tumbuh menjulang lurus keatas dan merupakan salah satu pohon yang berfungsi di Indonesia. Mengkiasakan / melambangkan bahwa Pramuka mempunyai cita – cita yang tinggi lurus, mulia, jujur dan tidak mudah terombang – ambing oleh sesuatu.
e.       Akar kelapa / ntiur tumbuh kuat dan erat dalam tanah. Mengkiaskan bahwa Pramuka memiliki tekad dan keyakinan dengan berpegang pada dasar – dasar dan landasan – landasan yang benar dan baik, kuat serta nyata untuk mencapai cita – cita.
f.        Kelapa / nyiur adalah pohon yang serba guna, dari ujung atas hingga akarnya. Jadi lambang itu mengkiasakan bahwa tiap Pramuka adalah manusia yang berguna, dan membaktikan diri dan kegunaannya kepada kepentingan tanah air, bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta kepada umat manusia.

3.      Lambang Gerakan Pramuka diciptakan oleh Sunardjo Atmodipuro ( Almarhun ), beliau seorang Pembina Pramuka yang aktif bekerja sebagai Pegawai Tinggi Departemen Pertanian.
4.      Lambang Gerakan Pramuka digunakan sejak tanggal 14 Agustus 1961 pada panji – panji Gerakan Pramuka yang dianugerahkan kepada Gerakan Pramuka oleh Presiden Republik Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar